Jumat, 11 Desember 2015

Contoh Negara Maju

Contoh Negara Maju

 1. Jepang
   
  Lokasi
   Jepang merupakan negara maju yang terletak di Asia.
Negara ini berbatasan di sebelah barat korea utara dan korea selatan,Rusia, dan China. Di sebelah utara, timur, dan selatannya berbatasan dengan samudra pasifik.

Keadaan alam
   Lokasi wilayah Jepang membuat Jepang memiliki ciri iklim musim dengan perubahan musim yang jelas.Mengingat wilayah membujur dari utara-selatan, suhu udara bervariasi sesuai dengan lintangnya.Pada musim dingin, suhu udara antara -7c sampai dengan 7c.Pada musim panas, suhu udara antara 21C-27c.

Sumber Daya Alam
  Jepang memiliki sumber daya alam yang sangat terbatas, sehingga hasil tambang dalam negeri sangat tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan indrustrinya.Beberapa hasil tambang tersebut adalah batu bara (kualitas rendah),timah, seng, mangan, tungsen, antimoni, dan krom.

Keadaan sosial dan budaya
   Penduduk Jepang terdir atas beberapa etnik,tetapi yang dominan adalah etnik Jepang, Korea, China, dan lain-lain.
Agama yang dianutnya terdiri atas Shinto, Budha, Kristen, dan lain-lain.

Hubungan dengan Indonesia
   Jepang dan Indonesia telah lama menjalin kerja sama dalam bidang ekonomi. Indonesia merupakan eksportir terbesar ke-7 di Jepang.Posisi pertama China, berikutnya AS, Arab Saudi, UEA dan Korea. Sekitar 1000 perusahaan Jepang beroperasi di Indonesia dengan memperkerjakan sekitar 32.000 pekerja Indonesia (BKMP,2012).

2. Amerika Serikat

 Lokasi
   Amerika Serikat merupakan negara salah satu negara di Benua Amerika. Negara ini berbatasan dengan Kanada disebelah utara, Samudra Pasifik di sebelah barat, Samudra Atlantik disebelah timur serta Meksiko, Teluk Meksiko, dan Kuba di sebelah selatan. Amerika Serikat juga memiliki negara bagian yang terpisah dari daratan utamanya yaitu Alaska yang terletak di barat laut Kanada.

  Keadaan Alam
  Secara fisik, wilayah Amerika Serikat terdiri atas dua rangakaian pegunungan besar ,yaitu pegunungan Rocky (Rocky Mountain) di bagian barat dan pegunungan Applachia di bagian timur. Dan di antara kedua pegunungan tersebut ter dapat sejumlah sungai yang sungai terbesarnya adalah sungai Massipi.
  
  Keadaan Sosial dan Budaya
  Lama sebelum kedatangan orang-orang Eropa, Benua Amerika telah dihuni oleh penduduk asli yang dikenal sebagai suku Indian. Kemudian bangsa eropa datang dan bermukim di Amerika. Mereka berdatangan ke Amerika karena sejumlah faktor yaitu karena adanya tekanan pemerintah untuk menjalankan agama.

  Hubungan dengan Indonesia
  Amerika Serikat merupakan mitra dagang terbesar keempat Indonesia setelah Jepang, China, dan Singapura. Dan komoditas perdagangan yang di ekspor Indonesia adalah getah karet, getah perca, alas kaki, mesin listrik, tekstil, pakain jadi, barang elekteonik, barang hasil indrustri pakaian, mobel, dan perkakas. Sementara itu, ekspor Amerika Serikat ke Indonesia di antaranya berupa pesawat terbang.

0 komentar:


By Animart